Saturday, January 3, 2015

Inilah 13 Keunggulan OS Android Lollipop 5.0

Android adalah sistem operasi berbasis open source yang mudah digunakan oleh siapapun. Lebih dari 50 persen smartphone dipasaran didominasi OS android. Perkembangannya yang cepat dan sesuai dengan kebutuhan pasar menjadi daya tarik pengguna smartphone didunia.


















Lalu, apa saja keunggulan android Lollipop 5.0 dibandingkan dengan para pendahulunya? Beikut adalah keunggulan-keunggulannya :

1.Desain
Dengan warna yang lebih menarik dan berani, android lollipop memberi pengalaman menarik bagi penggunanya. Selain warna, desain juga lebih responsif, suara yang lebih jernih dan navigasi yang lebih mudah.

2.Notifikasi atau pemberitahuan
Jika anda termasuk yang update dan saat ini menggunakan smartphone berbasis android lollipop 5.0, pastinya merasakan pengalaman lain dan yang jelas lebih menarik. Pengguna bisa menanggapi pesan yang masuk secara langsung pada layar yang terkunci. Sehingga kita tidak perlu membuka kunci layar untuk membalas pesan masuk.

Selain itu, saat menonton video kita bisa mengatur ingin memunculkan notifikasi atau tidak. Bahkan android lollipop juga memberikan fitur priority yang fungsinya tidak kalah dengan fitur yang dimiliki oleh Apple, yaitu Do Not Disturb milik apple.

3.Hemat daya
Banyak yang berpikir, dengan fitur lengkap dan OS yang terus berkembang akan memakan daya yang lebih besar. Tapi ternyata android lollipop bisa membuktikan bahwa ia lebih hemat baterai atau daya untuk urusan penggunaan.

Android lollipop memiliki sebuah fitur penghemat baterai yang akan membuat perangkat bisa digunakan lebih lama. Selain itu juga dilengkapi fitur perkiraan waktu yang tersisa perangkat itu hidup.

4.Keamanan
Android Lollipop 5.0 bukan hanya memberikan fitur yang lebih unggul dari versi-versi sebelumnya. Diantaranya dalam hal keamanan. Enkripsi akan secara otomatis akan membantu melindungi data pada perangkat jika smartphone hilang atau dicuri.

SELinux yang dikenal antimalware, berjalan pada semua aplikasi sehingga dapat melindungi dari berbagai ancaman. Gunakan android smart lock untuk mengamankan ponsel atau tablet dengan sistem integrasi dua perangkat, dengan kata lain satu perangkat tidak akan bisa dibuka tanpa perangkat pasangannya.

5.Tap and Go
Ketika anda sedang mengkonfigurasi perangkat Lollipop untuk pertama kalinya, anda akan disajikan dengan pilihan untuk “Tap and Go”. Transfer data ini memungkinkan anda memindahkan semua rincian dari akun google, pengturan konfigurasi, data dan aplikasi keperangkat baru yang hanya dengan meletakkan ponsel atau tablet lama anda. Anda juga dapat memindahkan widget dan wallpaper.

6.Flashlight
Aplikasi flashlight selalu populer disetiap android, sehingga google telah memutuskan untuk memasukkan aplikasi tersebut pada lollipop. Aplikasi ini hanya akan muncul jika perangkat anda dilengkapi dengan lampu kilat LED disamping kamera.

7.Application Priority
OS Android Lollipop 5.0 memungkinkan anda untuk mengatur daftar aplikasi penting yang diperbolehkan untuk mengganggu aktivitas anda. Buka settings -> sound&notification -> app notifications dan anda dapat memilih untuk memblokir setiap aplikasi atau menandainya sebagai prioritas. Tekan slider volume pada perangkat anda untuk mengaktifkan mode prioritas tanpa batas waktu atau selama satu jam.

8.Konfigurasi aplikasi yang lebih mudah
Layar kunci benar-benar telah diberi perbaikan besar-besaran melalui pembaruan dari android lollipop 5.0, beserta perbaikan mencakup kemampuan untuk melompat langsung kepengaturan aplikasi atau panel informasi yang tepat dari layar kunci. Tekan dan tahan pada notifikasi dan anda akan melihat ikon gear dan ikon info.

9.Guest mode
Berbagi perangkat dengan orang lain (teman, kolega, atau anggota keluarga) dapat menjadi suatu masalah, namun lollipop memiliki fitur guest mode yang memudahkan anda. Anda dapat mengakses guest mode dengan menyeret notifikasi kebawah, menekan pada avatar akun pengguna anda, dan kemudian memilih tambah tamu dari menu (atau hanya tamu jika anda telah melalui proses sebelumnya).

10.Support 15 bahasa baru
Android lollipop memberikan kemudahan lagi, yaitu melalui penambahan fitur 15 bahasa baru untuk pengguna.

11.Runtime dan Performance
Android lollipop 5.0 sudah teruji lebih cepat, halus dan lebih kuat saat dijalankan. ART adalah sebuah runtime android yang paling baru, dapat meningkatkan kinerja aplikasi dan responsif smartphone. Sehingga meningkatkan sampai 4 kali lipat. UI yang harus didukung perangkat dengan 64bit.

12.Konektivitas
Koneksi internet yang dimiliki Android lollipop dikenal sudah jauh lebih baik. Kemampuan bluetooth yang lebih kuat namun sangat hemat baterai. Sistem yang dimilki juga tidak akan memutuskan koneksi kita, jika kita berpindah dari jaringan wi-fi ke jaringan paket data atau sebaliknya.

13.Fitur google yang lebih friendly
Android Lollipop memudahkan kita dalam menggunakan fitur-fitur dari google, serta jika sekalipun layar tidak aktif. Hanya dengan berkata “ok google” pada perangkat smartphone, kita bisa mengakses fitur google. Selain itu, kita juga akan lebih mudah dalam mengakses google cast, serta pencarian dengan menggunakan suara digoogle play, youtube dan aplikasi yang didukung lainnya.

Itulah 13 keunggulan yang dimiliki oleh android lollipop 5.0. selain itu masih banyak lagi keunggulan lain yang jelas akan lebih membuat kita ingin ikut merasakan dan mencobanya.

Artikel Terkait

Inilah 13 Keunggulan OS Android Lollipop 5.0
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 comments: