Saturday, September 13, 2014

5 Penyebab Android Menjadi Panas atau Overheating

gambar mengenai informasi suhu panas yang berlebih
Hallo semuanya...pernahkah anda merasakan perangkat android kesayangan terasa panas berlebih saat anda menggunakannya? sebenarnya apa sih yang menyebabkan gadget android kita menjadi panas atau overheating? kali ini android-koe akan mencoba sharing tentang penyebab android menjadi panas, atau istilah kerennya overheating. dampak dari perangkat android yang memiliki kelebihan panas atau overheating adalah android akan menjadi hang, daya baterai cepat habis dan akan membuat komponen-komponen di dalam perangkat android itu akan ikut terkena dampaknya yaitu mengalami pelemahan fungsi. baik itu ponsel atau hp, smartphone dan tablet, overheating adalah hal yang harus di hindari. dan berikut penyebab android menjadi panas berlebih atau overheating.

1.Kesalahan Penggunaan
Begitu senangnya kita memakai android, terkadang kita lupa bahwa kita telah memaksa android bekerja melebihi batas kemampuannya. misalnya bagi anda yang hobi dan gemar bersms atau bersocmed ria pastinya anda akan sering kirim-kirim sms atau update status tanpa mengenal waktu, diibaratkan satu menit saja tidak memakai android untuk sms dan update satus serasa anda kehilangan pacar...hehehe. penggunaan sms atau bersocmed ria yang terus menerus dan tak mengenal waktu itulah yang menyebabkan perangkat android harus bekerja ekstra keras, yang pada akhirnya menimbulkan panas berlebih atau overheating panas mesin atau hardware android.

Contoh lain adalah bagi anda yang suka bertelpon ria dengan sang kekasih. pastinya akan melakukan telpon berlama-lama. sama seperti bersms, telpon yang berlama-lama juga akan mengakibatkan android menjadi panas berlebih. 

apa lagi bagi pengguna android yang gemar bermain game di android. pastinya dalam bermain game akan membutuhkan durasi yang lama untuk memainkannya. hal ini juga penyebab utama dari overheating. karena processor, GPU, dan RAM harus bekerja begitu kerasnya. terelebih lagi kalau game tersebut game yang berat yang membutuhkan daya RAM, graphics, dan daya baterai yang besar.

oleh karena itu gunakanlah tablet, ponsel, dan smartphone android anda dengan sewajarnya saja. penggunaan gadget yang berlebihan akan menyebabkan daya baterai akan menjadi terkuras begitu besarnya, dan juga akan menimbulkan panas atau overheating.

2.Kondisi Disekitar Lingkungan Android
Kondisi ruangan yang pengap dan panas juga dapat mempengaruhi masalah suhu gadget android. oleh karena itu simpan dan gunakan android diruangan yang tidak pengap dan panas. 

3.Kekuatan Sinyal Operator Atau Provider Yang Jelek
Ketika sinyal operator pada ponsel lemah, OS android secara terus-menerus memindai dan mencari sinyal provider secara terus-menerus diarea itu.dan pastinya hal ini akan membutuhkan daya baterai lebih. itulah salah satu mengapa gadget menjadi terlalu panas ketika Anda berada di daerah dengan penerimaan sinyal operator yang jelek.

4.Terlalu Banyak Aplikasi Yang Berjalan Dibackground
gambar yang menginformasikan android yang overheating
Gambar peringatan overheating
Kesalahan yang sering terjadi pada pengguna android adalah masalah pada aplikasi yang berjalan di belakang layar. ketika kita telah selesai menggunakan banyak aplikasi, seringnya kita menutup aplikasi hanya dengan menggunakan tombol Home. dengan hanya menggunakan tombol "Home" untuk menutup aplikasi, sebenarnya aplikasi tersebut masih berjalan dibackground.sehingga semakin banyak aplikasi yang berjalan dibackground akan membebani kinerja RAM dan Processor. jadi ketika kita mau menutup aplikasi, gunakanlah tombol "Back" atau menu "Exit". dan ujung-ujungnya android tersebut akan mengalami kelebihan panas atau overheating.

5.Menggunakan Android Ketika baterai sedang dicharging
gambar yang menginformasikan baterai android yang terbakar
Gambar baterai yang kembung dan terbakar
Penyebab android menjadi overheating selanjutnya adalah menggunakan android ketika sedang dicharging. mungkin hal inilah yang sering kita lakukan. padahal hal ini akan mengakibatkan android menjadi panas, selain itu, lama-lama baterainya akan menjadi kembung dan ngedrop. jadi usahakan jangan menggunakan ponsel dan tablet android ketika sedang dicharging atau diisi baterainya. lalu bagaimana cara mencegah sekaligus mengatasi android yang cepat panas? silahkan baca artikel 7 Cara Jitu Mencegah Dan Mengatasi Android Panas.

Artikel Terkait

5 Penyebab Android Menjadi Panas atau Overheating
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email