Thursday, July 25, 2019

Apa Itu File Ekstensi XAPK Dan Cara Menginstalnya


Banyak aplikasi-aplikasi android saat ini bermunculan, hal ini menjadikan smartphone Android menjadi berfungsi lebish  canggih. Untuk format  aplikasi pada android  pada saat ini adalah yang paling populer adalah ekstensi  APK. Dan diantaranya  berformat XAPK.

Apa  itu XAPK?
XAPK merupakan  format baru pada  aplikasi di Android, dimana format ini isinya adalah gabungan antara APK dan OBB. Singkatnya tujuan dibuatnya file berekstensi XAPK adalah agar lebih praktis pada saat penginstalan aplikasi android yang filenya besar.
Pastinya sobat udh pada tau, APK sendiri yaitu format aplikasi-aplikasi OS Android. Sedangkan file OBB adalah merupakan data tambahan pendukung APK yang ukurannya besar, misalnya  video atau tekstur yang  tidak dapat  dimasukan di APK.


Langkah pertama, download aplikasi winrar dan file XAPK nya terlebih dahulu yang mau dipasang ke smartphone android. Oh ya dalam tutorial ini saya menggunakan file XAPK Aplikasi Game PUBG MOBILE.

Langkah kedua, setelah winrar terdownload lalu instal. Setelah winrar terinstal lalu bukalah folder yang ada file XAPK  yang mau diinstal. Kalau download dari blog ini, biasanya file XAPK nya saya bagi menjadi beberapa bagian menggunakan winrar karena biasanya filenya besar, jadi sobat harus mengekstraknya terlebih dahulu agar file XAPK nya menjadi satu bagian seperti nampak pada gambar dibawah ini.
Langkah ketiga, ganti filenya yang berekstensi  XAPK menjadi ekstensi RAR seperti gambar dibawah ini, lalu tap OK
Maka tampilan file juga akan berubah menjadi file yang berekstensi RAR seperti terlihat dibawah ini
Langkah keempat, tap (klik) file tersebut dan akan muncul tampilan seperti gambar dibawah. Centang semuanya dan ekstrak dengan cara tap (klik) tombol pada bagian yang dilingkari kotak merah
Lalu akan muncul folder baru seperti terlihat pada gambar dibawah ini
Langkah kelima, buka folder tersebut lalu instal dengan cara tap pada file yang berekstensi apk
Maka kan muncul pop up agar kita melakukan pemasangan, maka kita tap pada menu pasang untuk menginstal file tersebut

Setelah proses instalasi selesai, selanjutnya kita harus menambahkan file obb ke folder obb sistem androidnya dengan cara :

Masuk ke folder PUBG lagi yang tadi buat instal, lalu buka folder Android -> obb, maka akan ada folder com.tencent.ig yang berisi file-file obb dari aplikasi game PUBG tersebut 


Salin folder com.tencent.ig tersebut lalu letakkan di penyimpanan internal dengan cara masuk ke Penyimpanan internal -> Android ->obb. nah letakkan folder com.tencent.ig di folder tersebut.



Tunggulah proses menyalin sampai selesai. setelah selesai game PUBG siap untuk dimainkan. biasanya akan meminta update beberapa file terlebih dahulu sebelum game tersebut dapat dimainkan. Itulah sedikit tutorial tentang Apa Itu File Ekstensi XAPK Dan Cara Menginstalnya, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Apa Itu File Ekstensi XAPK Dan Cara Menginstalnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email