Sunday, February 8, 2015

Cara Menghapus Semua Data Di Ponsel Android

Ketika anda ingin menjual ponsel atau tablet android, pastinya anda berpikir bagaimana cara menghapus seluruh data penting yang ada di android tersebut. Melakukan hal ini bukannya tanpa sebab, ketika ponsel atau tablet android sudah dijual dikhawatirkan data-data pada android yang bersifat privacy atau pribadi diketahui orang lain. Melakukan factory reset setting tidaklah cukup.













Berdasarkan laporan yang diterbitkan oleh avast, factory reset setting saja tidaklah cukup untuk melindungi informasi kontak dan data-data penting lainnya dari resiko kebocoran. Dengan metode tertentu seluruh informasi dan data yang sudah terhapus tersebut dapat dikembalikan. Lalu bagaimanakah cara menghapus data-data penting secara permanen? Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda coba untuk menghapus data-data :

1.Pertama buatlah PIN atau password terlebih dahulu jika pada secreen lock anda belum ada. Caranya adalah masuk ke menu Security kemudian screen lock. Pastikan anda mengingat password atau PIN yang telah anda buat. Karena setiap kali ponsel dinyalakan, anda akan diminta untuk mengetikkan password ata PIN tersebut.

2.Selanjutnya masuk ke menu Security lalu encrypt phone untuk melakukan enkripsi memori internal ponsel anda. Proses enkripsi storage akan memakan waktu bervariasi, tergantung kapasitas storage atau ruang penyimpanan perangkat milik anda.

3.Setelah selesai, silahkan jalankan factory reset dengan cara masuk ke menu setting lalu backup & reset lalu pilih reset factory setting. maka proses reset untuk mengembaikan kepengaturan pabrik akan dimulai. tunggulah sampai prosesnya selesai.


Untuk memastikan data yang telah anda hapus tidak dapat dikembalikan, silahkan isi lagi storage atau memori internal ponsel android dengan data-data yang lain atau data yang tidak penting hingga kapasitas pada storage penuh. Kemudian lakukan enkripsi lagi dengan mengulangi lagi langkah-langkah diatas. Dengan mengisi lagi android anda dengan data yang lain, maka data tersebut akan menimpa jejak data sebelumnya, sehingga akan makin sulit datanya untuk dikembalikan.

Itulah tips cara menghapus semua data diponsel android untuk anda semuanya, mudah-mudahan berguna bagi anda yang sedang membutuhkan.

Artikel Terkait

Cara Menghapus Semua Data Di Ponsel Android
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email