Thursday, August 14, 2014

6 Tips dan Trik Efektif Mempercepat Performa Gadget Android

6 Tips dan Trik Efektif Mempercepat Performa Gadget Android

6 Tips dan Trik Efektif Mempercepat Performa Gadget Android - Tidak perduli apapun perangkat android yang anda miliki, baik smartphone atau tablet, perangkat tersebut akan menjadi lambat dengan seiring waktu berlalu. Ada banyak bermacam sebab mengapa perangkat android yang anda miliki semakin menurun kinerjanya.

ketika pertama anda beli Gdget android performanya sangat bagus, dan setelah beberapa lama performa android anda akan menjadi lambat. Kali ini android-koe mencoba memberikan 6 Tips dan Trik Efektif Mempercepat performa gadget android yang semoga bisa membantu perangkat android anda untuk kembali bekerja secara lebih maksimal lagi. Berikut tips-dan triknya :

1. Uninstal aplikasi
Banyak aplikasi di sistem android Anda yang dalam posisi idle. Hal Ini akan menambah beban memori atau RAM, yang pada akhirnya mempengaruhi kecepatan. Jadi jika Anda memiliki aplikasi yang tidak terpakai, menguninstall aplikasi yang tidak terpakai akan membersihkan memori dan meningkatkan kecepatan tablet Anda.

2. Mengurangi jumlah widget di Home Screen

Keuntungan menggunakan widget adalah bahwa widget dapat membantu kita untuk cepat menemukan informasi dan melakukan tugas tertentu tanpa harus membuka aplikasi, tapi pada saat yang sama, widget juga dapat menguras baterai perangkat android anda dan memperlambat kinerja tablet tersebut.

Mengurangi jumlah widget akan membantu android kesayangan anda berjalan lebih lancar dan daya battery menjadi lebih lama. Anda dapat menghapus widget dari layar Home Screen dengan cara menekan widget lalu menggeser dan menariknya ke atas dari layar.

3. Gunakan wallpaper biasa bukan Live wallpaper
Sama seperti widget, Live wallpaper juga akan memperlambat perangkat android Anda. Jadi jika Anda ingin mempercepat kinerja tablet Android Anda, gunakan wallpaper yang normal dan jangan menggunakan Live wallpaper.

4. Bersihkan file cahe dari aplikasi

Cache adalah semacam data cadangan yang sengaja dibuat agar ketika kita membuka aplikasi yang pernah dibuka sebelumnya, kita hanya mengambil data dari cache tersebut sehingga mempercepat pemrosesan. Hanya saja kalau terlalu lama tidak dibersihkan, sisa-sisa cache akan menumpuk dan akan memenuhi ruang penyimpanan. Untuk menghapus file cache kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, diantaranya adalah App Cache Cleaner dan Clean Master. Anda bisa mendapatkan aplikasi tersebut di playstore.

5. Menonaktifkan Animasi
Menonaktifkan animasi akan sangat meningkatkan kecepatan perangkat android Anda. Untuk melakukan itu, tap menu setting> devloper options dan kemudian scrool ke bawah. Setelah itu nonaktifkan pilihan Window animation scale, Transition animation scale dan Animation duration scale. Ini akan menonaktifkan animasi pada perangkat Anda. ketika memproses suatu data akan langsung di proses tanpa ada animasi. Dan pastinya cara ini akan mempercepat kinerja perangkat android kesayangan anda.

6. Merooting Perangkat Android
Rooting adalah cara lainnya yang juga akan mempercepat perangkat android anda. kalau anda belum tahu apa itu rooting silahkan baca artikel Apa itu Rooting dan Keuntungannya

nah..itulah 6 Tips dan Trik Efektif Mempercepat Performa Gadget Android, semoga bisa bermanfaat bagi anda semuanya.

Catatan :
Jika artikel ini dirasa bermanfaat bagi anda, tolong jangan lupa untuk dibagikan juga dengan teman-teman anda yaa, dengan cara klik salah satu tombol dibawah.karena berbagi itu indah..hehehe

Artikel Terkait

6 Tips dan Trik Efektif Mempercepat Performa Gadget Android
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email