Tuesday, September 9, 2014

10 Tips Ampuh Menghemat Baterai Android

Pada kesempatan kali ini android-koe akan mencoba sharing tips ampuh menghemat baterai android. berikut ini beberapa tips ampuh yang bisa dipraktekkan anda untuk menghemat baterai android kesayangan anda :

1.Mematikan Fitur GPS Jika Sedang Tidak Diperlukan
Global Positioning System atau GPS adalah salah satu fitur yang ditanamkan pada perangkat android. kegunaan GPS ini adalah untuk mengetahui dan menentukan lokasi perangkat via satelit. sehingga bisa dikatakan GPS adalah seperti sebagai pemandu jalan. jadi kalau anda sedang tidak memerlukan Fasilitas GPS lebih baik dinonaktifkan saja.
Untuk cara mematikan fasilitas GPS, untuk setiap versi OS android mungkin akan sedikit berbeda dalam mengaksesnya. dan juga tergantung dari produsen pembuat perangkat android tersebut. untuk mengaksesnya anda tap menu Settings > Location and Security > Use GPS Satelits.
dengan mematikan fasilitas GPS kita akan menghemat baterai dikarenakan android tidak terkuras baterainya untuk mengakses satelit.

2.Mematikan Wifi Jika Sedang Tidak Diperlukan
Kebanyakan pengguna android tidak menghiraukan masalah ini. yaitu menghidupkan fitur wifi secara terus-menerus ketika sedang tidak digunakan.hal ini jelas akan membuat baterai akan menjadi lebih boros karena perangkat android tersebut harus bekerja ekstra keras dalam mencari dan melakukan pemindaian sinyal wifi yang ada di sekitarnya.
jadi kalau memang fitur wifi memang tidak sedang diperlukan, lebih baik dimatikan saja dengan cara tap menu Settings  dan pilih Wi-fi. kemudian uncheck atau Offkan. nah inilah tips ampuh menghemat baterai android yang kedua yaitu dengan cara menonaktifkan atau mematikan fitur wi-fi.

3.Menonaktifkan Bluetooth Jika Sedang Tidak Diperlukan
Untuk Tips ampuh menghemat baterai android yang ketiga adalah dengan cara mematikan fitur bluetooth. sama halnya seperti fitur wi-fi, bluetooth juga akan menguras habis daya baterai jika fitur ini diaktifkan secara terus menerus ketika sedang tidak digunakan.
Untuk mematikan fitur bluetooth ini tap menu Settings > Wireless and Networks > Bluetooth. lalu hilangkan tanda centang atau offkan pada pilihan bluetooth, agar fitur tersebut nonaktif atau mati.

4.Mengatur Kecerahan Cahaya atau Brightness
Tips ampuh menghemat baterai android selanjutnya adalah mengatur kecerahan cahaya atau brightness. sebaiknya kurangilah kecerahan pada layar yang penting cukup jelas layarnya untuk kita beraktivitas. selain tips ini untuk menghemat baterai, hal ini juga membuat mata tidak cepat lelah. untuk mengaturnya silahkan tap Settings > Display > Brightness.

5.Memakai Wallpaper Standar
Salah satu hal yang membuat gadget android menarik adalah kemampuannya menampilkan wallpaper animasi atau live wallpaper.akan tetapi dengan menggunakan wallpaper animasi atau live wallpaper sebenarnya ini akan menguras baterai yang begitu tinggi. oleh karena itu disarankan lebih baik menggunakan wallpaper yang standar saja.

6.Mengatur Timeout Layar
Tips ampuh menghemat baterai selanjutnya adalah dengan cara mengatur screen timeout. timeout pada layar android adalah waktu yang dibutuhkan sebelum layar ke mode idle atau standby. sebaiknya sesuaikan dengan kebiasaan anda dalam memakai gadget android. dalam mengaturnya usahakan jangan terlalu singkat dan juga jangan terlalu lama. sesuaikan saja dengan kebutuhan anda dalam mengakses android tersebut.
untuk mengakses ke menu tersebut adalah dengan cara tap Settings > Display > Screen Time-Out atau Sleep.

7.Mengatur Jumlah Program Yang Dipasang
Dalam perangkat android, semakin banyak program yang dipasang maka akan membutuhkan daya baterai yang lebih besar pula. karena akan menambah services yang berjalan pada memori. oleh karena itu aturlah program apa saja yang sekiranya berguna dan sering digunakan sehari-hari.

8.Mematikan Koneksi Internet Ketika Sedang tidak Digunakan
Untuk Tips selanjutnya adalah mematikan koneksi internet ketika sedang digunakan. hal ini penting dilakukan karena sering sekali ditemui banyak perangkat android yang ketika sedang digunakan untuk mengakses internet akan tetapi paket datanya selalu diaktifkan. untuk mengaksesnya silahkan tap Settings > Wireless and Networks > Mobile Networks > Use Packet Data. unchek atau hilangkan tanda centang untuk mamatikan paket datanya.

9.Memasang Aplikasi Pembantu
Instal aplikasi penghemat baterai yang gratisan atau free apk yang bisa kita unduh di playstore. dengan adanya aplikasi tersebut, akan memudahkan kita dalam mengatur manajemen baterai.

10.Aktifkan Airplane Mode

Tips yang ke sepuluh dan yang terakhir cara ampuh menghemat baterai android adalah dengan cara mengaktifkan airplane mode. pada saat kita sedang berada di daerah yang tidak ada sinyal provider, internet,Wifi dan GPS disarankan untuk mengaktifkan fitur Airplane Mode. dengan mengaktifkan Airplane Mode semua sinyal tersebut akan dimatikan semua. sehingga tidak akan menguras baterai yang dikarenakan android bekerja ekstra untuk mencari sinyal.

Nah...itulah 10 tips ampuh cara menghemat baterai android kesayangan anda. mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

Artikel Terkait

10 Tips Ampuh Menghemat Baterai Android
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email